- me and my inspiration, never ending story -

Kamis, September 17, 2009

Kehangatan Rempah Alami



Rempah-rempah yang tersebar di seluruh penjuru negeri ini tidak saja bermanfaat sebagai bumbu-bumbu penyedap masakan, tetapi juga memiliki khasiat sebagai obat-obatan alami. Rempah-rempah dan biji-bijian, seperti adas, jahe, kacang hijau, dan biji petai cina, sanggup mengatasi ‘masuk angin’, melancarkan sistem pencernaan, dan masih banyak lagi.

DETOKSIFIKASI DENGAN ADAS

Bumbu penyedap masakan yang dalam bahasa Inggris disebut fennel ini merupakan salah satu jenis biji-bijian yang mudah didapat di supermarket bahkan pasar tradisional. Adas ini semula banyak ditemukan di Pulau Sumatra dan Kalimantan. Kelebihan yang dimiliki oleh rempah-rempah jenis ini, selain mengatasi masuk angin, pusing, dan melancarkan sistem pencernaan, yaitu memiliki fungsi detoksifikasi, meningkatkan semangat, dan dipercaya sanggup mengurangi selulit.

Langkahnya:
1. Awalnya kaki dibersihkan dengan air hangat yang ditetesi minyak esensial citrus, peppermint, dan lemon grass sebagai antiseptik selama kira-kira 7 menit.
2. Tubuh dalam posisi berbaring dan dilakukan scrub pada seluruh tubuh dengan menggunakan adas yang ditambahkan jahe dan garam.
3. Lalu tubuh dibaluri masker yang terdiri dari campuran adas, jahe, dan kopi.
4. Agar masker makin mudah meresap, tubuh dibalut (body wrap) dengan heating blanket selama 15-20 menit. Dengan demikian, proses detoksifikasi pun lebih distimulasi.
5. Setelah itu, dilakukan pemijatan yang berlangsung selama 1 jam. Pemijatan ini lebih difokuskan pada titik-titik getah bening seperti di belakang telinga, di bawah ketiak, dan lengan bagian dalam. Pemijatan ini terdiri dari 2 teknik gerakan. Pertama dengan cara cukup ditekan-tekan yang bertujuan untuk memicu detoksifikasi. Teknik kedua, dilakukan dengan gerakan yang lebih berupa remasan dan tepukan pada bagian-bagian tubuh yang terdapat banyak tumpukan lemak.

Taken from : Femina 45 / 2006

0 komentar:

Visitor