- me and my inspiration, never ending story -

Rabu, Agustus 19, 2009

Tehnik Memasak bersama SHARP


Memanggang Cake dengan Microwave Oven

Langkah pertama untuk memangang cake dengan Microwave Oven : panaskan terlebih dahulu microwave oven tekan tombol Preheat suhu disesuaikan dengan kebutuhan misalkan untuk memanggang cake dibutuhkan suhu 180 derajat celcius, tekan terus tombol preheatnya sampai keluar angka 180, lalu tekan tombol start, jangan lupa masukkan pula rak yang rendah nya kedalam.
Setelah selesai pemanasan akan keluar tulisan di layar Aad Food, itu menandakan Microwave sudah siap dan panas, masukkan adonan cake kedalam microwave, lalu tekan tombol Convection lalu set waktu sesuai kebutuhan, lalu teka start.


Memasak Steak

Dalam konteks daging sapi komersial, maka daging yang "bagus" adalah daging sirloin atau tenderloin yang empuk, montok, dan juicy,
Sebenarnya, tingkat "kealotan" daging bisa diakali dengan memilih daging yang tidak terlalu tebal dan sedikit dipukul sebelum dibumbui.
Ada dua tehnik dasar dalam memasak steak, R u b b i n g dan M a r i n a t i n g
Tehnik Rubbing adalah : menaburi daging dengan garam dan merica, kemudian langsung di Grill. Beberapa ada yang menambahkan bubuk jinten untuk mempengaruhi rasa.
Tehnik Marinating adalah : merendam daging dalam bumbu / saus dengan komposisi minyak, asam, gula, dan rasa. Minyak berguna untuk mengkilapkan, asam berguna untuk melunakan daging, sementara gula memberi efek warna. Untuk rasa, bisa dipilih sesuai rasa. Bisa asin, pedas, barbeque, dan semacamnya.
Untuk dasar, kita bisa menggunakan campuran minyak goreng (sebagai minyak), saus tomat (untuk asam), kecap manis atau madu (sebagai gula), dan garam serta merica hitam bubuk (sebagai rasa). Kombinasinya tergantung selera. Yang jelas, jangan terlalu banyak kecap atau madu, karena daging bisa cepat hangus. Kalau menginginkan aroma barbeque, cari saja perasa barbeque seperti liquid smoke di pasaran. Nah, setelah rendaman tadi terasa pas, masukkan daging dan diamkan sekitar dua jam supaya meresap. Setelah itu, daging siap di Grill.


BLANCHING

Blanching adalah tehnik memasak sayur mayur dengan cara :
1. Masak air hangat mendidih
2. Masukkan sayur mayur yang sudah bersih, rebus hingga titik hijau (atau warna lain) yang dikehendaki, lalu segera angkat serentak, dan langsung dicelupkan kedalam air dingin (air es).
Mengapa harus dilakukan Blanching ?
Blanching dimaksudkan untuk mendapatkan kematangan yang persis seperti dikehendaki oleh juru mask. Tehnik memasukkan sayur rebus kedalam air dingin adalah untuk menghentikan proses pematangan.
Seperti di ketahui, sayur mayur bila direbus lalu diangkat masih dalam keadaan panas, proses pematangan tetap berlangsung. sehingga didapat sayuran yang berwarna coklat dan terlalu matang.
Tehnik ini sangat bermanfaat terutama disaat memasak dalam jumlah banyak. Contoh soal, membuat Cap Cay untuk 100 orang.
Setiap 1 kg, jumlah sayuran bisa dihitung untuk makan 10 s/d 15 orang. nah, hitung kebutuhan untuk 100 orang !. Misalkan yang akan dijadikan campuran Cap Cay adalah Wortel, Buncis, Bunga Kol, sawi. Hitung total sayuran sesuai kebutuhan.
Lakukan proses blanching pada setiap sayuran Cap Cay tadi secara sendiri sendiri. jadi rebus Buncis, blannching ! dan seterusnya.


DOUBLE BOILER

Prinsipnya adalah : Memasak makanan dengan media air sebagai perantara sehingga makanan tidak langsung kontak dengan sumber panas. Biasa dikenal dengan istilah tim. seperti saat memasak cheese cake atau puding caramel


PENGOLAHAN YANG TEPAT

Dari kelima tehnik memasak tersebut yang patut diperhatikan adalah waktunya. jangan sampai terlalu lama. Baik itu direbus, dikukus, dipanggang, atau digoreng. Merebus dan mengukus terlalu lama dapat menghilangkan kandungan vitamin yang larut dalam air seperti B dan C. Cara merebus yang paling baik adalah dengan mendidihkan air terlebih dahulu, kemudian baru masukkan bahan makanannya dan rebuslah selama 2-3 menit saja.
Demikian pula untuk proses menggoreng dan memanggang. Umumnya yang digoreng dan dipanggang adalah bahan makanan yang mengandung protein. dalam keadaan kering dan renyah protein jadi mudah dicerna. sebisa mungkin, hindari proses menggoreng dan memanggang yang terlalu lama sebab dapat menyebabkan kandungan proteinnya malah sulit dicerna.

Tehnik memasak dengan membakar diatas arang sebaiknya dihindari kerena proses tersebut menghasilkan zat karsinogenik, terutama bila bahan makanannya mengandung lemak. Kelak akumulasi zat karsinogenik ini dikhawatirkan menjadi pemicu penyakit kanker.

0 komentar:

Visitor