- me and my inspiration, never ending story -

Selasa, Agustus 11, 2009

7 langkah melawan bau badan

Beberapa hal yang berkaitan dengan kekhawatiran seorang seorang wanita adalah jerawat, berat badan, selulit, tidak punya uang saat Zara sedang sale besar-besaran, dan bagian-bagian tubuh tertentu yang menghitam seiiring dengan berjalannya waktu. Salah satu bagian tubuh atau kulit sensitif yang menghitam dan mengganggu penampilan boleh jadi adalah ketiak. Permasalahan ketiak tidak selesai hanya dengan bercukur atau mencabut bulu ketiak setiap dua hari sekali. Percaya atau tidak, tampilan ketiak yang tidak sedap sudah mengganggu para wanita dari zaman dahulu kala. Salah satu bukti nyata adalah petuah nenek yang selalu mengingatkan saya untuk menggosok kulit di bagian belakang lutut agar tidak hitam begitu juga dengan kulit ketiak. Seteleh digosok lalu diolesi tawas. Konon, cara ini dapat menjamin tubuh bebas bau sehingga orang lain, terutama pria pujaan hati betah di dekat saya. Berbagai alternatif mempercantik ketiak memang banyak ditawarkan. Apakah itu solusi tepat? Belum tentu! Mulai dari pemakaian deodoran yang dapat memutihkan ketiak, memakai tawas untuk menghilangkan bau tak sedap, menyuntik ketiak untuk mengurangi kelenjar keringat, hingga mengurangi makanan yang konon memancing bau mengganggu yang keluar dari tubuh Anda.


Bau tak sedap dari si “keti”

Pernahkah Anda masuk ke dalam bus kota yang penuh disesaki orang-orang yang pulang kantor? Bau yang menyengat yang mampir di lubang hidung terkadang bukan hanya bau asam, tapi sampai ke aroma yang "pahit". Coba intikp beberapa tips di bawah ini agar Anda tidak menjadi salah satu orang yang bermasalah dengan bau badan yang tak sedap. Anda pasti bisa menangis 7 hari 7 malam jika ada pria menyanyikan lagu Padhayangan Group, Cantik tapi bau... ketika berpapasan dengan Anda.


Jemur baju Anda sampai kering

Campuran keringat dengan baju yang tidak benar-benar kering saat dijemur dapat menjadi sarang kuman dan menimbulkan bau apek yang menyengat. Apalagi jika Anda termasuk salah satu orang yang memiliki keringat berlebih, keringat pada punggung yang bersentuhan dengan baju tak kering, apalagi tidak menyerap keringat dapat membuat kulit punggung menjadi kasar dan bernoda.


Rawat segera bulu ketiak Anda

Beberapa wanita menyukai tampilan “plontos” pada daerah intim terutama ketiak. Namun ada hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang perawatan bulu pada ketiak dengan benar. Jika Anda terbiasa mencukur bulu ketiak, lebih baik bersihkan terlebih dahulu ketiak Anda sebelum memakai sabun atau bedak untuk mencukur. Karena luka kecil akibat mencukur dapat menyebabkan infeksi jika tidak ditangani dengan benar. Jika Anda lebih memilih waxing, lebih baik lakukan tidak pada saat datang bulan, karena kulit wanita cenderung sensitif menjelang datang bulan. Jika Anda mencabut bulu ketiak dengan pinset, pastikan Anda membersihkan pinset dengan antiseptik dan mencabut bulu ketiak dengan benar, karena nyeri pada kulit ketiak menyebabkan iritasi yang membuat pori-pori ketiak menjadi hitam. Ketiak dengan bulu lebat tidak terawat dapat menjadi sarang timbulnya bakteri dan menyebabkan bau tak sedap.


Gunakan deodoran dengan baik dan benar

Pilih-pilih deodoran yang dijual di pasaran memang tidak mudah. Langkah sederhana yang perlu Anda lihat adalah kandungan yang terdapat di dalamnya. Lebih baik gunakan deodoran yang mengandung antiperspirant, tidak berbau sangat menyengat, dan lebih baik lagi jika mengandung antiseptik dan pemutih ketiak. Antiperspirant dalam deodoran dapat mengeringkan dan mengurangi pengeluaran keringat di bawah ketiak. Hindari deodoran berbentuk bedak tabur karena biasanya akan menghitamkan ketiak. Roll on atau stick sama saja fungsinya. Gunakan dengan teratur ketika selesai mandi pagi hari dan bersihkan dengan benar sisanya saat mandi sore, atau setelah Anda tidak beraktivitas lagi.


Mandi dengan teratur

Mandi memang merupakan aktivitas menyenangkan bagi beberapa orang, terutan untuk wanita. Karena dengan mandi, Anda dapat melepaskan stres sekaligus menyegarkan dan membersihkan badan dengan nikmat. Mandi juga merupakan salah satu kegiatan yang ampuh untuk mengurangi bau badan yang mengganggu. Kulit yang segar dan bersih terutama pada lipatan ketiak dapat membuat tubuh Anda lebih harum tentunya.


Kenakan pakaian dalam yang bersih setiap hari

Jangan biasakan menggantung pakaian dalam setelah dipakai beraktivitas sebelumnya, lalu digunakan kembali. Pakaian dalam yang lembab atau bekas digunakan sebelumnya dapat memicu bakteri pada pakaian dalam Anda dan menyebabkan iritasi pada kulit sekaligus mengeluarkan bau tak sedap. Di beberapa kasus, terbukati memakai pakaian dalam bekas atau langsung mengenakan pakaian dalam yang baru dibeli tanpa dicuci dapat mengakibatkan iritasi kulit yang cukup serius.


Gunakan parfum pada baju saja

Jangan menyemprot parfum di dalam baju anda. Parfum di buat untuk di pakai di luar baju, berbagai kandungan di dalam parfum dapat menyebabkan tubuh Anda lebih bau jika menempel pada kulit atau ketiak dengan wangi yang kurang sedap. Selama perawatan melawan bau badan hindari pemakaian parfum atau body spray secara berlebihan.


Perhatikan asupan makanan Anda

Kurangi menyantap makanan yang mengeluarkan bau menyengat seperti bawang merah, bawang putih, atau bawang bombay. Makanan pedas dan makanan “panas” seperti daging kambing juga dapat merangsang timbulnya keringat dan bau badan tak sedap. Konsumsi air putih yang banyak dan teratur setiap harinya. Selain menambah cairan dalam tubuh, air putih membantu Anda “mengencerkan” keringat sehingga tidak mengeluarkan bau tak sedap.

Teks: Novita Atmadja / Weddingku.com
Foto: Dok.Istimewa

0 komentar:

Visitor