- me and my inspiration, never ending story -

Kamis, November 05, 2009

Awet Muda bersama Dr. Mehmet Oz

Bertandang ke zona biru bersama Dr. Oz (2)

Titik kedua di zona biru adalah Sardinia, sebuah pulau di kawasanMediterania, 120 mil dari Italia. Disini, penduduk berusia lebih dariseabad jumlahnya terbanyak di dunia.

Giovanni—kakek berusia 105 tahun menyapa Dr. Oz dengan segelas anggurdi tangan (pada jam 10 pagi!). Sang kakek yang bertenaga kuat inimenantang adu gulat dan sanggup menjatuhkan teman Dr. Oz.

Sepanjang hidupnya, Giovanni yang menggembala kambing harus berjalanmenyusuri tebing terjal. Ini membuat jantungnya kuat, lagipula,panjang tebing ini memkar kalori sampai 490 kalori per jam.

Apa yang membuat Giovanni demikian sehat dan kuat?“

Saya makan roti, keju dan anggur,” jawabnya.

Tak perlu ke Sardinia agar bisa sesehat dan sekuat Giovanni. Makanlahmenu ala masyarakat di sana. Porsi sedikit, banyak sayur dan sedikitdaging.

Jangan lupa, produk susu. Dr. Oz menerangkan: “Keju pecorino khasSardinia kaya akan asam lemak omega-3, karena terbuat dari susu sapiyang makan rumput, yang menambah kandungan omega-3. Seiris roti dankeju Sardinia, serta ikan sardin, adalah resep panjang umur. Omega-3,besi dan mineral-mineral penting terkandung di dalamnya.

”Masyarakat Sardinia juga mengonsumsi susu kambing, yang mengandungkalsium tinggi, berguna untuk kesehatan jantung, mencegah Alzheimerdan serangan jantung.

”“Susu kambing bukan hanya menyehatkan, tetapi juga memudahkanpencernaan, sendangkan kadar lemaknya yang lebih rendah dari sususapi, aman dikonsumsi.”

Dr. Oz menambahkan “Kesehatan warga Sardinia juga tercipta darikebiasaan mengonsumsi makanan berwarna, yang kaya vitamin D, pelindungtubuh.

Dan yang terpenting, masyarakat Sardinia cinta keluarga, menjagakekerabatan, sehingga jauh dari perasaan stress bahkan depresi.

Titik ketiga Zona Biru ada di Loma Linda, California, sebuah kota 60mil dari Los Angeles.

Masyarakat setempat dilarang merokok, mengonsumsi minuman beralkohol,makan daging, telur, susu dan makanan olahan. Kepercayaan yang dianutturut mendukung ketenangan batin dan mendukung kebugaran tubuh.Menurut mereka, mengapa harus gelisah, toh alam semesta ini ada yangmenjaga, Dia-pun pasti mampu menjaga manusia dengan baik. Bahkanseorang dokter berusia 94 tahun warga Loma Linda masih aktif menjalaniprofesi dokter bedah. (betapa membahagiankannya sehat!) Menurut sangdokter, “Rasanya sangat beruntung berumur panjang seperti ini, tetapisaya mengikuti gaya hidup sehat, termasuk berkebun 10 jam seminggu.

”Resep panjang umur penduduk Loma Linda terletak pada kacang-kacangan,sayuran, dan buah-buahan yang menjadi menu utama sehari-hari.

Titik keempat di Zona Biru adalah Okinawa, Jepang. MasyarakatOkinawa, harapan hidupnya tujuh tahun lebih lama dan resiko seranganjantung 80% lebih kecil daripada masyarakat Amerika.

Mengapa?Masyarakat Okinawa menjalani kehidupan dengan falsafah:Ikigai, bahwa adahal yang membuat hidup seseorang menjadi berhargaMoai, bahwa seseorang lebih berarti karena memiliki dukungan sosialHara hachi bu, makan tidak sampai kenyang (cukup 80% kenyang)

Konsumsi harian masyarakat Okinawa adalah tahu, ikan dan sayuran.

Secara umum, ada beberapa kesamaan penduduk di Zona Biru :

Tidak ada kata PENSIUN. Hidup adalah untuk terus bekerja.
• Hidup berkeluarga dan menjaga hubungan kekerabatan dengan baik.
• Aktif, terlibat, dan menyukai kegiatan sosial.

Nasihat awet muda lainnya dari Dr. Oz, terkumpul dalam Staying Young : Jurus Menyiasati Kerja Gen Agar Muda Sepanjang Hidup

Sumber: www.oprah.com

0 komentar:

Visitor