- me and my inspiration, never ending story -

Selasa, September 08, 2009



   
Setiap fase usia punya keistimewaan tersendiri. Tentunya sebagai kaum wanita ingin selalu tampil cantik dan menawan berapapun usianya. Untuk mendapatkan kecantikan abadi tersebut, harus dilakukan perawat secara tepat. Karena itu, lakukan perawatan yang sesuai untuk setiap tahapan usia.

CANTIK DI USIA 20-AN

Puncak perkembangan kulit terjadi di usia 20-an. Pada masa ini, semua komponen kulit seperti epiderma, kolagen, elastin dan pembuluh darah berkembang secara maksimal. Sehingga tekstur kulit terlihat berwarna kemerahan segar. Masalah utama yang menghantui pada masa ini, biasanya hanya seputar kulit berminyak dan berjerawat yang disebabkan oleh faktor hormonal atau perawatan yang kurang tepat. Selain kedua hal itu hampir tidak ada problem yang patut dicemaskan.

Perawatan Harian
Lakukan perawatan ringan dan teratur setiap hari, selalu membersihkan wajah dengan pembersih sebelum tidur. Agar wajah bisa "bernapas" dengan nyaman. Pilih pembersih dan penyegar yang tepat, sesuai dengan kondisi kulit (berminyak, kering, sensitive, normal ataupun kombinasi). Karena tiap kulit yang berbeda, memerlukan perawatn yang berbeda pula. Oleskan setiap malam eye gel sebelum tidur.

Gunakan pelembap yang mengandung SPF, minimal 15 atau lebih terutama jika Anda termasuk wanita aktif yang sering berada di luar ruangan dalam waktu lama. Oleskan 15-20 menit sebelum ke luar ruangan, agar meresap sempurna.

Masukkan juga buah-buahan, sayur mayur dan air putih dalam menu makan Anda. Kanduangan serat serta vitamin dalam buah dan sayur membantu proses regenerasi kulit secara alami, sementara air putih mampu mempercepat pengeluaran racun dan lemak tak berguna dalam tubuh yang menjadi penyebab jerawat.

Perawatan Mingguan
Melakukan facial, peeling , dan pakai masker secara berkala merupakan perawatan tambahan yang dapat dilakukan sebagai tindakan pencegahan penuaan dini. Lakukan facial dengan teknik pemijatan secara tepat, karena apabila salah pijat, bisa memicu timbulnya kerutan di wajah. Anda pun bisa melakukannya sendiri, asalkan Anda tahu caranya.

Selain facial, lakukan juga peeling. Peeling berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Berapa sering Anda melakukan peeling? Hal tersebut tergantung bagaimana kondisi kulit Anda. Untuk kulit kering dan sensitif antara 7 - 14 hari sekali, kulit normal 5 hari sekali dan kulit berminyak 3 - 5 hari sekali. Pastikan tidak ada luka atau infeksi pada wajah saat melakukan pengelupasan dan jangan melakukan peeling terlalu sering agar kulit memiliki kesempatan regenerasi.

Maker berfungsi untuk menyegarkan kulit dan mempercantiknya. Banyak pilihan masker yang bisa Anda pakai. Baik yang keluaran pabrik atau keluaran dapur Anda, membuat sendiri maksudnya J lebih murah, mudah, dan yang pasti aman. Yang penting adalah memperhatikan manfaat dan kandungan bahan pembuatnya.

Make Up
Pemilihan kosmetik pada usia ini dapat lebih bervariasi, berbagai warna riasan dapat dicoba. Anda bisa mencoba berbagai macam warna dan gaya make-up untuk meng-xplor kecantikan. Mumpung masih muda.

Jika tidak diperlukan hindari penggunaan foundation dan concealer terlalu sering. Jika memang diperlukan, gunakan yang berbahan dasar air (water based), agar terasa lebih ringan. Penggunaan foundation menyebabkan pori–pori tersumbat, dan kalo pori-pori tersumbat akan menimbulkan komedo dan jerawat. Sebagai alternatif, cukup oleskan pelembap ringan dan bedak tabur (ditekan-tekan dengan mengunakan puff). Pilih warna-warna transparan untuk bedaknya, agar wajah terlihat lebih segar dan bersinar.


MENARIK DI USIA 30-AN

Mulai usia 30, tanda–tanda penuaan sudah mulai terjadi. Proses pengelupasan kulit mati mulai melambat, kolagen dan elastin berkurang dan mulai terlihat kantong mata. Selain itu warna kulit mulai tidak merata, kulit terasa lebih kering serta timbul garis–garis halus pada ujung mata dan bibir, Ini dikarenakan penyebab utamanya adalah
perubahan hormon.

Memasuki usia ini, Anda harus lebih selektif dalam memilih produk perawatan dan riasan wajah. Lakukanlah semua perawatan harian yang telah Anda jalani dengan lebih intensif lagi. Ganti produk ringan yang biasa Anda pakai, dengan jenis yang mempunyai kekuatan lebih yang berguna untuk menghindari penuaan dini.


Perawatan Harian
Jangan lupa selalu membersihkan wajah setelah beraktifitas dan sebelum tidur. Pilih penyegar yang tidak mengandung alcohol. Karena alcohol akan membuat kulit semakin kering dan kulit kering mempercepat timbulnya keriput.

Gunakan pelembap yang berbeda untuk siang dan malam secara teratur (pelembap siang yang mengandung tabir surya dan pelembap malam yang mengandung anti–aging untuk membantu regenerasi kulit di malam hari). Oleskan krim mata untuk melembapkan daerah kantong mata agar tidak gampang berkerut atau kendur.

Perawatan Mingguan
Lakukan perawat mingguan seperti pada usia 20-an. Yaitu facial, peeling dan masker. Yang membedakan hanyalah pemilihan bahan yang digunakan untuk peeling dan maskernya. Peeling untuk menipiskan noda-noda kecoklatan akibat rusaknya melanin karena sinar UV dan masker agar regenerasi kulit berlangsung optimal atau gunakan masker yang berfungsi untuk mengencangkan dan menjaga kelembaban kulit. Anda pun dapat mencoba membuat ramuan untuk peeling dan masker sendiri, lebih murah dan aman kan ...

Pilih satu olah raga favorit Anda dan lakukan secara teratur 2-3 kali seminggu.


Make Up
Untuk riasan lakukan, trik koreksi wajah. Contoh: lakukan koreksi untuk menyamarkan bentuk mata yang turun dengan teknik khusus menggunakan eyeliner dan eyeshadow yang tepat, untuk menyamarkan noda hitam atau kerutan halus dan menutupi kantong mata yang mulai nampak, bubuhkan concealer tipis–tipis.

Selanjutnya bingkai bibir dengan pensil secara tipis–tipis guna menyamarkan kerutan halus yang muncul disekitar bibir kemudian oleskan lipstik secara merata di bibir. Warna-warna muda atau pastel membuat Anda tampak lebih muda. Hindari warna coklat, warna tua, dan warna-warna yang sudah ketinggalan zaman.

Perhatikan pemerah pipi Anda akan tampak lebih tua bila mengoles pemerah pipi terlalu ke bawah. Temukan tulang pipi Anda dan oleskan pemerah pipi di atasnya.

Begitu usia mencapai 30 tahun ke atas, Anda harus mulai berhati-hati dalam memakai alis mata. Hindari pemakaian yang tebal.

Untuk menyulap penampilan agar tampak 10 tahun lebih mudaÂ… Caranya amat mudah. Sebelum ritual memulas wajah dengan rangkaian kosmetik, basuhkan es batu pada wajah anda secara merata selama 10-15 menit, lalu keringkan dengan seksama menggunakan handuk lembut. Setelahnya, baurkan moisturize berbahan dasar air.

Setelah moisturizer meresap dan kulit menjadi terlihat halus, pilih foundation ringan berbentuk cair (liquid). Foundation cair lebih tahan lama dan bisa membuat kerutan tersamar sempurna. Lalu ber-make-up lah seperti biasa. Gunakan warna-warna
yang natural dan sedikit pinkish atau goldie untuk anda yang berkulit agak gelap. Nah, anda jadi terlihat 10 tahun lebih muda, kan ?

Pilih warna natural atau pastel agar tampak natural.

TIPS:
Lakukan beberapa hal untuk mempertahankan kecantikan kulit wajah dan hindari kebiasan buruk yang dapat mempercepat kerusakan kulit seperti:

1. Hindari merokok
2. Hindari juga minum berkafein
3. Jangan tidur terlalu malam
4. Minum air putih, minimal 8 gelas per hari
5. Perhatikan pula posisi tidur. Hindari posisi tidur yang miring dan telungkup sepanjang malam.

http://www.paketcantik.com/

0 komentar:

Visitor