- me and my inspiration, never ending story -

Senin, Agustus 31, 2009

Tips Sehat


1. Minyak
Tau nggak, bahwa segala jenis minya buat masak itu ngga bagus efek jangka panjangnya buat tubuh dan ginjal, kecuali minyak zaitun, pilih yg EXTRA VIRGIN OLIVE OIL.
Btw, saya bilang gini krn ternyata ortu saya kalo minum VCO lama2 asam uratnya kumat :D
Minyak zaitun juga bisa menurunkan kadar kolesteron, mengenyahkan jamur2 di kulit (termasuk candida, ketombe, dsb), mengobati luka juga. Menurut dr. Mehmet Oz (yg sering tampil di Oprah itu lho), kalau luka jangan mengoleskan sesuatu yg tidak aman untuk mata. Alasannya, obat merah, atau obat kompres luka itu bisa mematikan sel2 darah putih juga. Jadi biasanya setiap ada luka kecil (biasanya dipraktekkan ibu saya setiap habis membekam), saya mengoleskan minyak zaitun. Kalau makan yg bersantan atau berlemak, boleh tuh teteskan minyak zaitun buat mencegah efek buruk lemak dan kolesterolnya.

2. Cuka
Segala jenis cuka nggak baik buat tulang, gigi dan usus, kecualiiii.. CUKA APEL. Bagus banget untuk melarutkan endapan kalsium, lemak dsb di dalam pembuluh darah. Buat yg asam urat tinggi, rematik, darah kental, pengapuran ataupun osteoporosis, usahakan minum larutan ini: satu sendok cuka apel + 1 sendok madu + 1 gelas air. Sip deh!

3. Roti
Roti memang mengandung karbohidrat, tapi juga mengandung ragi dan pengawet. Keduanya nggak bagus untuk aliran darah tubuh kita. Bisa bikin darah menjadi lebih kental. Selain itu, nggak bagus juga untuk pencernaan karena lebih lambat dicerna dan bisa bikin usus jadi berlendir. Biasanya, banyak makan roti juga bikin BAB saya nggak lancar.

4. Susu
Ada beberapa orang yg nggak cocok dengan susu sapi karena lactose intolerance, seperti saya. Hehe.. Terutama untuk pemilik golongan darah O, susu sapi dan produknya (termasuk keju dan yoghurt) nggak boleh sering2 dikonsumsi ya.. Whew, padahal saya adalah penggemar keju lhooo.. Bukannya ngga boleh sama sekali, cuma perlu dikendalikan aja ^_^
Susu sapi bisa membuat perut mual/kembung, ataupun mengganggu pencernaan bagi yg nggak cocok. Tapi alternatifnya bisa mengkonsumsi susu kambing atau sari kedelai.

5. Sinar matahari pagi
Mari mari.. kita olahraga ringan di bawah sinar matahari pagi!
Bagus sekali untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Penyerapan kalsium yang baik akan membuat tulang, rambut, gigi, syaraf dan otak kita sehat. Aliran darah lancar, sehingga organ2 tubuh juga bisa bekerja dengan baik, mata sehat dan masih aman dari radiasi UV. Senam2 di bawah sinar matahari pagi bikin otot jadi lentur.

Ditulis oleh : Pipit / Member Millis Femina & Friend

0 komentar:

Visitor