- me and my inspiration, never ending story -

Minggu, Mei 24, 2015


Barusan aku panik dan bete banget karena beberapa artikel yang aku posting di blog aku ini nggak sengaja terhapus. Bikin lagi ? Gak inget lah kata-katanya persis ... karena waktu aku posting artikel itu 'mood' aku memang full di situ, jadi nggak pake ngarang-ngarang, langsung di salurkan dari pikiran dan hati. Nah, sekarang gimana donk ...

Akhirnya nanya sama Mbah Google gimana caranya. Nemu postingan blogger yang ngebantu banget mengatasi masalah ini. Horeee ... postingan artikelku balik lagi !

Gini caranya :
Katanya, ada beberapa metode sebenarnya, tetapi ini beberapa diantaranya :

     Ambil dari Feeds, melalui teks.
     Ambil dari Search Engine Cache, melalui teks.
     Ambil dari Search Engine Cache, melalui Pos ID


Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan tembolok mesin pencari untuk mengambil Posting ID dari konten yang di-cache. Dengan menggabungkan Pos ID dengan Blog ID, kamu bisa langsung mendapatkan akses ke Blogger Post Editor yang memiliki semua konten yaitu teks dan gambar yang dihapus secara tidak sengaja (atau sengaja).

Kalau postingan kamu itu diindeks di mesin pencari Google, jadi lebih mudah. Pergi ke Google.com dan ketik judul artikel kamu yang terhapus itu (tulis judul lengkap artikel Anda sehingga mesin pencari dapat dengan mudah menampilkannya dalam hasil).

  

Setelah menemukan postingan artikelmu dalam hasil pencarian, ada panah kecil di sebelah kanan link (di bawah judul hasil pencarian), yang bila kamu klik akan muncul pilihan 'cache' sebagaimana ditunjukkan pada screenshot berikut. 


Pilih " Cache " dan itu akan membawa kamu ke postingan kamu yang terhapus ( akan menampilkan seluruh konten yang telah dihapus ) seperti yang terlihat pada gambar di bawah .


2. Temukan Post ID dan BlogID dari Search Engine Cache  

Sekarang kamu dapat mengakses " Cache artikel"-mu. Langkah berikutnya adalah untuk menemukan Pos ID melalui kode sumber (page source). Tekan CTRL + U dan akan membawa kamu ke kode sumber. Cari kode HTML untuk kata kunci ( kamu bisa menggunakan CTRL + F dan ketik 'post hentry'), akan nongol seperti ini : 



Yang di bold warna merah itu adalah kode PostID postingan artikel kamu.
Kemudian dengan cara yang sama temukan kode BlogID nya, kur-leb akan mucul seperti ini :

var Config = {'blogId': '27784600078873502xx', 

Setelah keduanya kamu dapatkan, Maka dengan mudah kamu dapat memulihkan postingan artikel kamu yang terhapus. Copas link berikut pada browser (jangan lupa kode PostID dan BlogID di ganti dengan kamu punya), itu akan membawa kamu ke editor Blogger yang memiliki konten postingan artikel kamu yaitu teks dan gambar yang terhapus.

http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=27784600078873502xx#editor/target=post;postID=5177832322223143509

Gitu aja sih ...

Kalau kamu masih belum bisa juga memulihkan postingan yang terhapus tersebut, sebaiknya kamu ketik ulang saja sama persis seperti yang kamu dapatkan dari Cache tadi. Begitu pula dengan gambar, kamu save ulang lagi saja dan posting dengan artikel yang kamu ketik ulang tadi. Nggak apa-apa lah capek sedikit, yang penting artikel kamu bisa balik lagi kan ...   ^_^

Note : Bahasa asli artikel bahasa Inggris, diterjemahkan dengan bahasa sehari-hari. Gambar juga di sesuaikan dengan tampilan google yang sekarang.



0 komentar:

Visitor